Qurban merupakan salah satu perintah Allah kepada umat islam, seperti yang tertulis dalam QS. Al Kautsar [108]: 2. Perintah Qurban pertama kali ditujukan kepada nabi Ibrahim AS, ketika itu beliau diperintahkan oleh Allah SWT. melalui mimpi untuk menyembelih putra beliau yaitu nabi Ismail AS. Qurban merupakan sebuah simbol pembuktian ketaatan seseorang terhadap Allah SWT. dan dalam pelaksanaan Qurban juga terkandung nilai kepedulian sosial terhadap sesama manusia.

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melaksanakan Qurban, mungkin hanya mereka yang memiliki rizqi lebih yang diberikan oleh Allah SWT.  Namun demikian kita tidak begitu saja membiarkan diri kita tidak ikut bagian dalam melaksanakan perintah tersebut, banyak cara bagi kita untuk bisa melaksanakan Qurban, salah satu caranya yaitu dengan menabung.

Berdasarkan alasan tersebut maka kami Yayasan Nurul Izzah melalui divisi fundraising Al Izzah Donation Center (ADC) ingin ikut mewujudkan harapan bapak/ibu yang memiliki keinginan melaksanakan Qurban dengan cara menabung setiap bulan dan mendapatkan hewan Qurban yang sudah berumur atau memenuhi syarat-syarat hewan qurban

baca juga hukum tabungan qurban.

NAMA PROGRAM

Program ini diberi nama “TAPAQUR (Tabungan Pahala Qurban)”.

TUJUAN

Melayani saudara-saudara kita yang memiliki keinginan untuk melakukan ibadah Qurban namun terhambat dengan tingginya harga Udlhiyyah (hewan qurban). Dengan menyisihkan sebagian pendapatannya lebih awal dalam setiap bulan, diharapkan dapat lebih meringankan saudara-saudara kita untuk melaksanakan niat berqurban.

KELEBIHAN / MANFAAT

Insya Allah dengan menabung di Yayasan Nurul Izzah melalui divisi fundraising Al Izzah Donation Center (ADC) bapak/ibu akan mendapatkan manfaat sebagai berikut :

  1. Udlhiyyah (hewan qurban) sudah berumur, memenuhi syarat-syarat berqurban.
  2. Lebih ringan karena diangsur setiap bulan tidak langsung bayar pada menjelang Idul Adha.
  3. Tidak perlu datang ke tempat kami karena bisa transfer melalui Bank dan sebagai report setelah mentransfer kami akan laporkan melalui SMS/Email.
  4. Biaya Antar Udlhiyyah (hewan qurban) Gratis sampai ke lokasi untuk wilayah Jabodetabek.
  5. Untuk tebar qurban akan disalurkan ke pondok-pondok pesantren penghafal Al Quran di bawah naungan Yayasan Nurul Izzah yang tersebar dibeberapa wilayah sehingga akan tepat sasaran dan tepat guna.

SYARAT DAN KETENTUAN

Berikut syarat-syarat  mengikuti  tabungan Qurban di Yayasan Nurul Izzah, yaitu : 

  • Mengisi formulir & menandatangani surat pernyataan.
  • Sudah baligh.
  • Bersedia membeli Udlhiyyah (hewan qurban) di Yayasan Nurul Izzah.
  • Bersedia membeli buku tabungan qurban.
  • Penyetoran tabungan dapat dilakukan setiap saat kepada petugas ADC dan atau yang telah di tunjuk oleh Yayasan Nurul Izzah.
  • Tabungan tidak berbunga serta tidak kena pajak atau biaya lainnya kecuali akomodasi penyelenggaraan penyembelihan udlhiyyah (pada tanggal 10 dzulhijjah dan hari-hari tasyriq)
  • Besarnya penyetoran tabungan tidak dibatasi, dan bersedia melakukan angsuran  selama 10 bulan atau 20 bulan. 
  • Apabila terdapat perbedaan antara saldo tabungan yang tertera pada buku Tabungan Qurban peserta dengan catatan pada Pengelola, maka yang akan dipergunakan pedoman adalah catatan pada Pengelola.
  • Apabila penabung meninggal dunia, maka tabungan dapat diteruskan oleh ahli warisnya.
  • Untuk tetap memelihara dan menguatkan niat berqurban, Tabungan Qurban tidak dapat diambil atau diuangkan.
  • Pelunasan tabungan maksimal seminggu sebelum hari Idul Adlha (03 Dzulhijjah)
  • Jika mengundurkan diri, maka wajib mencari pengganti untuk melanjutkan keikutsertaan program.

PRODUK/PAKET   

  • Paket A Rp. 200.000,-  selama 10 bulan atau Rp. 100.000,- selama 20 bulan
  • Paket B Rp. 250.000,-  selama 10 bulan atau Rp. 125.000,- selama 20 bulan
  • Paket C Rp. 300.000,-  selama 10 bulan atau Rp. 150.000,- selama 20 bulan
  • Paket D Rp. 350.000,-  selama 10 bulan atau Rp. 175.000,- selama 20 bulan

KONSEP KERJA

Peserta yang berminat mengikuti tabungan qurban Yayasan Nurul Izzah setuju dengan jenis binatang qurban yang disediakan oleh pihak Yayasan Nurul Izzah berupa jenis domba/kambing atau sapi. Jumlah dan paket pilihan ditentukan pada saat mendaftar mengikuti program tabungan qurban Yayasan Nurul Izzah. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran Tabungan Qurban Yayasan Nurul Izzah sebagaimana terdapat pada lampiran 2. 

Demi ketertiban dan kenyamanan peserta dalam mengikuti program tabungan qurban, setiap kegiatan atau hubungan antara peserta dengan Yayasan Nurul Izzah dalam kaitannya dengan kegiatan tabungan qurban akan dibuat dokumen tertulis yang dibuat dalam rangkap secukupnya, setiap stakeholder memegang satu salinan sebagai pegangan.  Formulir pendaftaran merupakan salah satu formulir yang harus diisi oleh setiap peserta yang hendak mengikuti program tabungan qurban. Formulir pendaftaran di buat dalam rangkap 2 (dua), lembar satu di pegang oleh peserta sedang lembar dua dipegang oleh Yayasan Nurul Izzah.

Bagi peserta yang ingin auto debet lewat bank dipersilahkan untuk mengurus ke bank masing-masing untuk di auto debet ke rekening Yayasan Nurul Izzah. Sedangkan yang tidak memiliki tabungan bank dan seorang karyawan/pengusaha maka bisa menabung secara manual dan akan mendapatkan buku tabungan qurban dari  Yayasan Nurul Izzah.

Kami akan menginformasikan tabungan qurban bapak/ibu melalui SMS, WA atau Email setelah bapak/ibu memberi konfirmasi kepada Yayasan Nurul Izzah bahwa telah melakukan setoran tabungan melalui bank setiap bulan. Bagi yang manual/setoran langsung maka data diupdate langsung dibuku tabungan.

Ayo kita syiarkan ibadah Udlhiyyah… daftar segera disini.